Ads

Cara Mencuci Pakaian Kompresi Medis dan Olahraga



Pakaian kompresi seperti kaus kaki, pantyhose, dan lengan baju telah lama diresepkan oleh komunitas medis untuk membantu orang dengan sirkulasi yang buruk. Potongan-potongan kompresi bertindak sebagai lapisan kedua kulit yang memberikan ketahanan kulit yang lemah. Bahan-bahan ini dapat ditemukan di toko obat atau toko peralatan medis dengan berbagai tingkat kompresi. Tingkat kompresi yang lebih tinggi sering memerlukan resep dokter.
Pakaian kompresi ini sering diresepkan setelah operasi untuk mendukung otot dan meningkatkan sirkulasi. Wisatawan telah lama memakai kaus kaki kompresi untuk membantu mencegah trombosis vena dalam dan mengurangi pembengkakan.
Sekarang pakaian kompresi telah dipakai dalam dunia olahraga dari sepak bola,  baseball dan olahraga lainnya . Banyak atlet dan pelatih mengklaim bahwa hal tersebut membantu meningkatkan kinerja. Sementara beberapa temuan telah diperdebatkan, hampir semua pelatih setuju bahwa pakaian kompresi dapat membantu otot pulih setelah latihan yang berat dengan meningkatkan fleksi dan ekstensi. Adapun pemulihan, buktinya agak lebih mendukung kompresi. Peneliti Australia menempatkan pemain rugby pada celana ketat dari pinggang ke pergelangan kaki selama pemulihan aktif berjalan di treadmill (periode pendinginan) menemukan bahwa kompresi membantu menghilangkan laktat dari darah mereka. Laktat adalah produk sampingan yang menyebabkan otot Anda terbakar selama latihan intens.
Salah satu manfaat utama dari pakaian kompresi adalah menjaga otot tetap hangat untuk mencegah ketegangan otot dan kelelahan serta mengurangi keringat dari tubuh untuk mencegah gesekan dan ruam. Semua pakaian memiliki beberapa bentuk spandex yang ditenun dengan serat lain untuk memberikan peregangan. Anda dapat menemukan kemeja, celana pendek, dan celana ketat kompresi olahraga.

Perawatan
Apakah Anda mengenakan potongan kompresi untuk alasan medis atau untuk meningkatkan kemampuan atletik Anda, mereka membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjadi efektif dan bertahan selama mungkin.
Bahkan pakaian kompresi terkuat yang terbuat dari bahan tahan lama akan mulai meregang setelah sekitar dua belas jam dipakai terus-menerus seperti yang mungkin diperlukan secara medis. Hal ini terutama berlaku di daerah lutut dan siku di mana pakaian selalu diregangkan. Mencuci setiap hari atau setelah pemakaian akan membantu memulihkan dan mempertahankan sifat elastis serta menghilangkan keringat, minyak, kotoran, bakteri, dan kulit mati yang menumpuk di dalam pakaian. Sering mencuci tidak akan merusak pakaian jika dilakukan dengan benar.

Mesin atau Cuci Tangan
Pakaian kompresi dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci, tergantung pada preferensi pengguna. Jika menggunakan mesin cuci, letakkan pakaian dalam tas lingerie mesh untuk mencegah tersangkut dan menjaga barang-barang kecil agar tidak hilang. Selalu gunakan potaran lembut dan jangan pernah menggunakan air panas. Suhu air harus dingin untuk pakaian berwarna gelap atau hangat untuk barang-barang berwarna terang. Yang terbaik adalah memiliki dua set pakaian kompresi sehingga serat punya waktu untuk istirahat dan mendapatkan kembali bentuknya sebelum pemakaian berikutnya. Mereka akan bertahan lebih lama.
Jika mencuci dengn tangan, sekali lagi gunakan air dingin saat mencuci dan membilas. Jangan terlalu agitasi atau meregangkan pakaian dan tidak pernah diperas. Peras kelebihan air dan gulung pakaian dengan handuk kering untuk menghilangkan air sebanyak mungkin.

Deterjen
Deterjen yang keras dapat menghancurkan serat tipis pakaian kompresi. Sabun atau deterjen ringan harus digunakan, bebas dari pemutih, klorin, pelembut kain atau zat tambahan cucian lainnya. Jangan sekali-kali menggunakan pemutih klorin pada spandex karena seratnya akan hancur.

Pengeringan
Bahan dan pakaian kompresi harus selalu dikeringkan dengan udara. Paparan panas yang berlebihan dapat melemahkan atau bahkan merusak serat elastis pakaian. Apakah pakaian digantung atau diletakkan rata sampai kering, paparan sinar matahari langsung atau sumber panas langsung seperti radiator harus dihindari dan pakaian harus dibalik ke luar. Dianjurkan untuk meletakkan handuk di rak pengeringan dan meletakkan pakaian di atas sampai kering. Menggantung pakaian secara langsung di rak atau tiang agar kering dapat membuat berat air meregangkan barang yang menyebabkannya tidak pas.

Masa pakai
Serat-serat elastis dari garmen kompresi akan rusak saat dipakai. Sementara perawatan yang tepat akan meningkatkan masa pakai, mereka perlu diganti setiap enam bulan jika digunakan setiap hari. Jika pakaian tidak lagi kembali ke bentuk semula setelah dicuci, berlubang atau berlubang di dalam bahan, tidak lagi terasa kencang atau menekan atau jika pakaian menjadi mudah dipakai, pakaian itu harus diganti.

Apa yang Harus Dihindari
Meskipun spandex atau Lycra atau elastane adalah serat yang cukup tahan lama, klorin dan keringat dapat mempercepat kerusakannya. Krim, lotion, dan minyak juga bisa melemahkan serat dan tidak boleh digunakan saat mengenakan pakaian kompresi. Oleskan ini hanya ketika ada waktu bagi mereka untuk benar-benar kering sebelum memakai potongan kompresi.

Post a Comment

0 Comments