Ads

Fakta Menarik Tentang Kingfishers



Kingfish adalah burung yang luar biasa dan unik yang menangkap imajinasi dan minat tidak hanya dari peternak, tetapi juga seniman, fotografer, penulis, dan banyak lagi. Kingfisher adalah nama burung di India, kuda pacu Amerika yang memenangkan lomba Belmont Stakes 1870, dan sebuah kota di Oklahoma, serta nama pesawat, kapal, maskapai penerbangan, dan kapal pesiar. Tapi apa yang membuat burung-burung ini begitu luar biasa?

Kingfisher Trivia
Ada 90-120 spesies kingfisher di dunia, tergantung pada bagaimana spesies individu dibelah atau disamakan. Salah satu spesies, kingfisher Guam ( Todiramphus cinnamominus ), punah di alam liar, dan enam spesies lainnya secara resmi diklasifikasikan sebagai terancam punah. Lebih dari dua lusin kingfishers dianggap terancam atau rentan, menempatkan mereka pada risiko besar terancam punah atau punah jika tindakan konservasi yang tepat tidak dilakukan.

Semua kingfishers milik keluarga Alcedinidae , meskipun keluarga itu kadang-kadang dibagi menjadi tiga keluarga yang berbeda untuk menunjukkan berbagai jenis kingfishers. Saat terbelah, keluarga Alcedinidae mencakup semua kingfisher sungai. Keluarga Halcyonidae terdiri dari kingfishers pohon, sedangkan keluarga Cerylidae adalah kingfishers air. Di luar keluarga kingfisher, burung-burung ini paling dekat hubungannya dengan burung enggang, rol , pemakan lebah, dan motmot.

Terlepas dari nama mereka, tidak semua kingfishers makan ikan. Sementara banyak dari burung ini adalah yg makan ikan , kingfishers lainnya makan kodok, krustasea, kadal, ular, serangga, dan bahkan mamalia kecil yang mereka dapat menangkap. Kingfish yang hidup di dekat aliran air lebih sering makan ikan, sedangkan spesies yang hidup di hutan lebih cenderung memburu mangsa lain. Beberapa kingfishers bahkan menggerebek sarang burung lain untuk memakan sarang dan telur. Tidak peduli mangsa apa yang mereka buru, semua kingfisher adalah karnivora .

Ketika kingfisher menangkap sesuatu yang terlalu besar untuk ditelan, burung itu akan memukul mangsanya di cabang atau batu untuk membunuhnya. Ini juga mematahkan tulang mangsanya dan akan membantu memecah cangkang keras atau exoskeleton sehingga mangsa dapat ditelan lebih mudah. Kingfishers menelan seluruh mangsanya, dan setelah mencerna makanan mereka, mereka memuntahkan butiran tulang, gigi, bulu, dan bahan yang tidak bisa dicerna lainnya sehingga tidak menyumbat saluran pencernaan mereka.

Ikan pekakak ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Mereka hidup di berbagai habitat mulai dari hutan dan hutan hingga gurun, gunung, atol karang, dan bahkan daerah perkotaan dan pinggiran kota. Keragaman kingfishers terbesar ditemukan di daerah tropis di Asia, Australia, dan kelompok pulau Pasifik, dan lebih banyak kingfishers ditemukan di habitat hutan daripada di ekosistem lainnya.
Sementara burung-burung ini sering dikaitkan dengan sungai atau danau, setiap perairan yang menjadi tempat tinggal mangsa yang cukup dapat menarik kingfishers. Bergantung pada habitatnya, kingfisher telah ditemukan di samping parit drainase, kolam retensi, di sepanjang garis pantai, dan bahkan menyerbu kolam halaman belakang. Birder yang bermasalah oleh kingfishers yang berburu ikan tambak yang mahal mungkin perlu mengambil langkah-langkah untuk melindungi kolam mereka dari para nelayan yang terampil ini.

Ikan pekakak memiliki bulu yang sangat terang , dan banyak spesies memiliki warna yang menakjubkan seperti jingga, biru, hijau, oranye, kuning, merah muda, ungu, dan merah sebagai bagian dari warna mereka. Warna bulu kingfishers diciptakan oleh struktur bulu yang unik, dan beberapa burung ini bahkan memiliki penampilan warna-warni atau kilau logam pada bulu mereka. Banyak spesies juga memiliki kaki, kaki, dan paruh berwarna cerah.

Burung jantan dan betina dari sebagian besar spesies kingfisher terlihat serupa dan sulit untuk membedakan antara jenis kelamin. Namun, para kingfish Amerika, termasuk kingfisher belted, kingfisher cincin, dan kingfisher hijau, merupakan pengecualian dari aturan ini. Tidak hanya jantan dan betina terlihat berbeda satu sama lain, tetapi bulu dimorfik mereka juga umumnya lebih kusam dan kurang berwarna daripada kebanyakan kingfishers lainnya.

Selama Era Victoria, kingfishers diburu karena bulu mereka yang indah. Burung-burung sering diisi untuk ditampilkan dalam kotak kaca, dan bulunya adalah ornamen populer untuk topi wanita, perhiasan, sisir rambut, dan barang-barang mode lainnya. Praktek itu sekarang ilegal dan burung-burung ini dilindungi di bawah berbagai undang-undang , dengan denda besar dan waktu penjara mungkin untuk pelanggaran.

Kingfishers tidak memiliki lagu yang berbeda, tetapi mereka jauh dari diam. Alih-alih bernyanyi, burung-burung ini dapat bersiul, mencicit, melengking, berkumur, berkotek, atau membuat suara berisik lainnya. Komunikasi vokal itu membantu burung-burung mempertahankan wilayah mereka , menarik pasangan , dan berkomunikasi dalam kelompok keluarga mereka.

Burung-burung ini adalah penerbang yang luar biasa , dan jalur terbang mereka umumnya lurus dan cepat, dengan ketukan sayap yang cepat. Mereka mampu melayang secara luas, dan sering melayang sebelum terjun untuk menangkap mangsa. Namun, mereka jauh lebih canggung ketika bertengger, dan kaki pendek serta kaki kecil mereka membuat berjalan kikuk dan sulit.

Kingfish adalah burung yang bersarang di rongga . Banyak spesies menggali terowongan di tepian lunak, yang mengarah ke ruang bersarang kecil. Beberapa kingfishers bersarang di rongga-rongga pohon, dan banyak kingfishers yang hidup di hutan bersarang di gundukan rayap yang sudah tua. Di beberapa daerah, kingfishers telah terbiasa menggunakan liang bersarang buatan. Baik kingfishers jantan dan betina membantu menggali rongga bersarang, dan kedua orang tua berbagi tugas inkubasi dan merawat anak mereka bersama-sama.

Kingfisher terbesar adalah kingfisher raksasa ( Megaceryle maxima ), yang panjangnya mencapai 19 inci (48 cm) dan ditemukan di Afrika. Namun, itu bukan kingfisher terberat. Kookaburra tertawa ( Dacelo novaeguineae ) dari Australia dapat memiliki berat hingga 1,11 pon (500 gram), meskipun biasanya panjangnya hanya 16-18 inci (40-45 sentimeter). Namun, antara jantan dan betina, ada ukuran yang signifikan tumpang tindih antara dua spesies kingfisher besar ini.

Kingfisher terkecil adalah kingfisher kerdil Afrika ( Ispidina lecontei ), yang panjangnya hanya 4 inci (10 sentimeter) dan beratnya hanya sepertiga ons (10,5 gram). Kingfishers kecil ini ditemukan di sepanjang pantai khatulistiwa Afrika serta interior hutan selatan Gurun Sahara di Afrika tengah.
Kingfishers sangat menakjubkan, mereka telah disembah dan dipuja di berbagai budaya . Kingfisher suci ( Todiramphus sanctus ) telah disembah di Polinesia, di mana ia dipercaya memiliki kekuatan atas lautan dan gelombang. Budaya Borneo juga memuliakan para kingfishers sebagai pertanda baik dan buruk dalam budaya kuno. Kingfishers juga muncul dalam mitologi Yunani, ketika tokoh Ceyx dan Alcyone ditransformasikan menjadi kingfishers oleh para dewa.

Post a Comment

0 Comments